Panggil Aku ‘Gendut’!

Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, udah nggak terhitung lagi deh berapa orang yang bilang,”Lho, kamu tambah gendut ya?” L

Menohok lho. Makasih.

Nggak mungkin kan bahagia kalo denger komentar kayak gitu? Ya kecuali buat orang-orang kurus yang kepengen gemuk…

Tapi nih ya, se-sakit apapun, bakalan lebih sakit lagi kalo aku nggak ngelakuin perubahan apapun untuk mengubah komentar negatif.

Aku tahu, mereka ngomong kayak gitu karena care sama aku juga. Buktinya, setelah ngomong gitu, mereka nyuruh aku buat diet. Itu lah yang bikin aku termotivasi (LAGI) untuk menguruskan badan. Bukan dibikin kurus sih, tapi dibikin lebih ideal dan sehat.

Karena nih ya, setelah ngitung-ngitung pake ini:
Body Mass Index
Berat badan ideal = (Berat Badan (Kg) / Tinggi Badan (m)) x Tinggi Badan (m)

Hasilnya             
≤ 18,5                   : Underweight
18,5 – 24,9           : Berat badan ideal
25 – 29,9              : Berat badan memasuki kondisi obesitas
≥ 30                      : Obesitas

*Diambil dari majalah GoGirl! Edisi Maret 2015*

Ternyata hasilnya udah 30 lebih sedikit. Sekitar setahun yang lalu aja aku udah di angka 27an. Gila kan?

Dari itung-itungan sederhana itu, ditambah komentar teman-teman dan keluarga, aku kembali tergugah buat mengurangi berat badan. Target terdekatku adalah 69 kilogram, berat badanku sebelum berangkat ke Korea tahun lalu. Kalo udah bisa mencapai angka itu, usaha keras lagi buat mencapai 60. Kalo angka 60 udah terwujud, turunin dikit lagi sampai 55 kilogram. Udah, itu udah batas maksimal, deh! Emang berat banget untuk mencapai berat badan segitu, apalagi seingetku, aku punya berat badan segitu tuh waktu masih SMP atau SMA awal. Udah lama bangeeett…

Sejauh ini sih, usahaku adalah mengurangi konsumsi nasi. Kalo emang laper banget, makan nasi bleh aja, tapi satu centong aja deh nasinya. Biasanya aku bisa dua centong lebih. Terus, pagi itu minum jus, tapi sebelumnya minum satu jeruk nipis dulu. Habis itu, makan selanjutnya di atas jam 12. Di kampus jangan jajan deh kalo bisa. Terus kalo pun harus makan lagi sore atau malam, makan dengan porsi sedikit atau makan buah aja! Oh iya, banyakkin minum air putih juga, ya! Kurangin minuman warna.

Berat sih, emang. Nggak mau sok nasehatin juga, cuma share aja, soalnya aku juga belom tentu mampu bertahan lama. Tapi aku mau bertahan selama mungkin kali ini! *TEKAD*

Selain ngurangin porsi makan, coba deh olah raga kecil-kecil. Misal pas lagi tidur-tiduran atau sebelum dan pas bangun tidur, angkat dua kaki ke atas, tahan 3-5 detik dan ulangi 5-10 kali. Bisa juga coba squat, yaitu berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu, lalu lutut ditekuk sampai kayak membentuk posisi duduk, lalu berdiri lagi. Pastikan punggung tetap lurus, pandangan lurus ke depan, dan tahan perut ke dalam. Ulangi sebanyak mungkin. Aku biasanya 100x setiap hari. Pas itu sempet jalan 3 minggu rutin setiap hari squat, eh lupa kenapa, kok berhenti. Hmmm.. Fungsi squat itu membentuk perut, paha, dan betis.

Semua hal untuk mencapai yang terbaik memang nggak pernah gampang kan?

Motivasiku buat diet kali ini adalah supaya besok pas summer holiday, kalo liburan ke mana gitu, bisa banyak foto-foto pake baju-baju lucuk nan hitz! Hihihi. Mulia banget ya, motivasinya.





Rabu, 11 Maret 2015, 23:00

(Agatha Elma Febiyaska)

Comments

Popular Posts