The Closer It Is, The Scarier. #KoreanDream

Kalo ngikutin jadwal pembukaan pendaftaran yang tahun lalu, 20an Februari tuh udah bakalan bukaan; WHICH IS around 1 month from now. 

And it turned out that I can do all the preparation on February :") because I need to make sure kalo beneran ada pembukaan pendaftaran tahun ini dan tentunya aku harus ngumpulin uang kaaannn buat tes IELTS, terjemahin dokumen, dll. 

Tadi pagi aku coba list apa aja yang harus aku siapin on February, tapi 1 hal yang bikin aku agak deg-degan adalah bagian persuratan: Recommendation Letters--yang belom tau mau minta siapa lagi selain dosbing skripsi, Personal Statement--yang makin ke sini mau selesaiin kok berasa absurd, dan Statement of Purpose--yang aku baru inget kalo belom coba bikin. 

Terus nih ya, ketakutan mulai muncul nggak cuma dari waktu yang rasanya ketat banget gegara nunggu duit kekumpul, tapi juga karena kemarin nonton video Youtube yang kontennya tentang hal-hal yang "challenging" di Korea. Nonton gitu aja aku langsung jadi minder dan gojak-gajek, padahal di satu sisi, aku juga paham kalo tinggal di manapun pasti ada sisi challengingya. Nggak mungkin semua aspek kehidupannya tuh nyaman. 

Ya untungnya sih, instead of mengurungkan niat, aku jadi lebih memfokuskan diri dengan nyiapin hal-hal yang bisa aku siapin, se-simpel mulai nanya-nanya durasi dan biaya pengurusan dokumen. Biar semuanya on schedule gitu. 

Hal lain yang bikin aku nggak mau mundur adalah karena aku udah cerita tentang rencanaku ini ke cukup banyak orang dan kalo nggak jadi cuma karena ketakutan sesaat kayak gitu kan..... yaampun banget. Ini salah satu benefit dari sharing rencana masa depan ke orang-orang, sih. Selain makin banyak yang mendoakan, hal itu juga jadi motivasi dan pengingat buat terus berusaha. 

Yuyur, makin ke sini, karena efek takut itu, jadi kepikiran banyak pesimisnya. Tapi ya pengen banget bisa mewujudkan tahun ini :" 

Bener-bener se-pengen itu!

Effortku harus lebih gede banget, nih. I even need to hurt my brain to prepare for the IELTS and other things. Kenapa sih ya, aku kok kesannya kek mager banget dan nggak ada effort, padahal kepengenannya se-gede itu? 


-el

Comments

Popular Posts