2022: Ke Sana-Sini

I still have 13.5 hours before the year changes—to write this habitual reflection! HAHAHAHA this is me, the deadliners, in action. 

Aku sebenernya udah berencana mau nyicil nulis ini sejak sekitaran awal atau pertengahan Desember, sampe akhirnya aku berharap apa yang ada di pikiranku bisa automatically typed here aja bisa gak, sih?! :”)

Oh iya, seperti biasa, aku akan selalu bilang kalo the year runs in marathon mode! Ternyata emang ekspresi “waktu berlalu cepet banget” tuh harus muncul di setiap refleksi, despite the fact kalo sometimes within the year, suka ngeluh pengen buruan ganti tahun aja karena berasa lama banget. 

*

Tahun ini, aku harusnya banyak-banyak bersyukur karena (terlalu) buanyak berkat yang aku terima. Tapi, tetep aja ada momen di mana aku down banget. Now, let me list down the things I gained and improved throughout the year to erase all the sadness and disapointments. 

Travel Like I’ve Never Done Before




Sama seperti kebanyakan orang yang merindukan traveling selama pandemi kemarin, aku pun begitu. Dan tahun 2022 ini, ternyata aku cukup bisa dibilang that I traveled like crazy, padahal jadwal kerjaku tuh yang Senin-Sabtu and I’m a single fighter here. Ada 3 destinasi wisata yang aku capai tahun ini: Jakarta, Bali, Korea. GILA GAK TUH 😂 Buatku sih udah gila banget dalam setahun ada pergi ke luar negerinya segala! Emang sih, Jakarta dan Korea bukan destinasi baru, but those are like my other homes. Buat Bali, it’s the first time for me visiting Bali bukan dengan tujuan study tour. I could do everything what I wanted there, I even drove my (rented) car during my stay there. 

Kalo ke Jakarta, udah kayak rutinitas sejak sebelum pandemi, tiap tahun tuh at least ke Jakarta satu kali. Apalagi kan aku udah ada ponakan di sana—di Bekasi, sih. Tiap ke Jakarta, aku pasti sempetin buat ketemu temen-temen yang merantau di sana, karena emang lumayan lah ada banyak. Lebih dari satu. Tiga, kayaknya. Selain itu, aku kemaren ke sana tuh kulineran juga. I really ate A LOT. Ya sebenernya tiap travel, aku banyak makan, sih. 

KOREA! Setelah 3 tahun berlalu, akhirnya aku bisa balik ke sana, lhoooo. Kali ini aku ke sana totally pake duitku sendiri dan aku ke sana as an ARMY. Wohoooo~ I’m so proud of the trip this time! Tiap kali ke Korea, background story-nya selalu beda-beda, makanya kalo pada heran kok aku nggak bosen, ya soalnya emang selalu beda aja alasan dan situasinya. Aku bahkan udah ngerencanain next trip to Korea again!

Financially, those trips really ripped my wallet to pieces 😂😂😂 Ya gimana, sebagai wisatawan penghamba kenyamanan, emang bikin pengeluaran jadi agak heboh ketika trip. Tiap kali habis spent some money during the trip, aku langsung me-mantra-i diriku, “Inget ya, kamu harus kerja bener taun depan. Balikkin semua duit yang udah kamu hamburkan ini.” Trip-ku tuh bukan trip yang premium at all, aku masih berusaha mencari harga terbaik, tapi tetep dapet kenyamanan pokoknya. 

Permanently Working Here

It took me around 2.5 years to be a permanent staff in my company. I didn’t really think about it dulunya. Beneran kayak yang “yaudah lah, mau jadi pegawai tetap atau temporary, yang penting punya kerjaan dan dapet duit”. Apalagi kan di sekitaran pertengahan 2022 lalu, aku sempet cukup depressed about my job—sampe yang pengen pindah. Sekarang, aku cuma bisa ngetawain alesanku pengen pindah waktu itu. I was quite childish and inconsiderate that time. 

Baru aja 2 hari lalu aku bahas sama Mona tentang pekerjaan, kataku, “Aku tuh sekarang udah nggak pengen pindah atau keluar. This is my comfort and safe place. Di usia sekarang ini, udah harus realistis kalo kebutuhan ya banyak dan ortu juga nggak pengen aku ngasal pengen pindah kerja padahal udah dapet a good job. Aku mah cuma bisa ngetawain dan bilang kalo aku tuh geblek banget pas pengen pindah cuma dengan alasan bosen dan nggak bisa belajar hal baru lagi di sini!”

That’s true. Ternyata, setelah aku bertahan sampe hari ini, ya aku udah nggak lagi ngerasa bosen yang sampe segitunya DAN aku tuh belajar buanyak hal baru in the past few months. Intinya, aku kurang bersabar aja ketika itu. Mungkin karena ada kondisi lain yang bikin aku pressured dan ngerasa unsafe, dateng di waktu bersamaan, jadi memuncak banget. Sekarang, aku bisa paham kalo Tuhan tuh udah bikin aku se-mampu itu untuk overcome various problems dan accept many challenges positively. 

So yeah, I’ll be working here for some other years. Aku mau nabuuunnggg seriusan ini pokoknya taun 2023! Lunasin cicilan, nabung, terus foya-foya lagi. HAHAHAHA.

A Succesful Fangirl



As an ARMY, tahun ini adalah tahun achievement unlock-ku, yaitu bisa ziarah BTS. Pas ke Korea kemaren, aku pastinya ke HYBE dan itu pas lagi PROOF special theme pamerannya. Selain itu, aku juga ke taman Hakdong, taman di mana Bangtan dulu pas masa awal debut dan sebelumnya, spent there time to practice, talked about their concerns, and released their stress. Sebenernya habis itu tuh aku keliling nyariin dorm pertama mereka, tapi nggak ketemu cobalaaahhhh :”) Karena udah kebanyakan muter dan nggak ketemu dan aku nggak enak sama Rei, aku akhirnya nyerah. Next time harus coba cari lagi. 

Sebenernya itu beneran cuma se-upil lokasi yang aku datengin, tapi tetep aja itu pencapaian besar buatku. At least, aku udah pernah ke tempat mereka memulai dan tempat mereka sekarang berkarya. 

Ah, but one thing made me that they’ve started their military service one by one, started by Seokjin </3 
They promise that they will reunite as 7 again in 2025. Really wish them a good and healthy time during the military service!

Improving Importants Skill(s)



Skill yang paling pengen aku highlight adalah kemampuan untuk menanggapi obrolan orang atau berbasa-basi. I CAN DO IT NOW! Tapi, please note, kebanyakan ini lebih lancar dipraktekkin sama strangers. Kalo sama yang udah deket, ya kalo emang lagi males ngobrol ya diem ajeu. 

Dulu, aku paling nggak bisa menghadapi awkward moment di mana aku harus mencari-cari topik atau membuat diriku nyaman ketika sama orang lain. Sekarang tuh aku bisa-bisa aja cari topik atau ngobrol sama orang asing karena aku buanyak banget ketemu orang baru dalam kerjaanku. Naturally, I get used and improved untuk respon omongan orang, bahkan ngide beberapa topik obrolan. 

Mungkin sebenernya ada skill lain yang I have improved related to work, kayak negosiasi, tegas, dan lain-lain. Tapi aku terlalu males mengorek memori-ku buat kasih contoh. Mianhe.

Collecting New Certificates

On my TOPIK I test, all test-takers must use this pen given by the committee


Aku bersyukur karena masih cukup obsessed with language this year. Meskipun aku gagal buat belajar bahasa Korea rutin, tapi tahun ini aku berhasil ambil TOPIK I yang hasilnya oke banget :”) Selanjutnya, aku pengen ambil TOPIK II awal tahun depan, tapi katanya tuh TOPIK II difficulty level-nya nggak masuk akal, jauh bangeeettt dibanding TOPIK I. Bagaimanalah aku ini yang masih susah nyempetin buat belajar bahasaaaa. Aku mau beli bukunya, tapi kok muahal buanget. Aku pengen minta les sama ssaem-ku yang dulu, tapi dia juga lagi preparing herelf for the same thing, but I insisted kalo dia bisa ngajarin aku setelah dia belajar buat dirinya sendiri hahahaha. Soalnya aku takut kalo nyari ssaem baru, malah nggak cocok. Let’s see, apakah aku beneran akan ambil les buat TOPIK II preparation. 

Besides TOPIK I, I also got my IELTS certificate this year! Buatku, skornya udah cukup oke. Bisa lah, buat apply beasiswa. Nah, keterimanya itu tuh yang nggak tau. Aku ngerasa kok udah lama banget ambil tes IELTS, ternyata baru Februari tahun ini. Mungkin karena everyday berhadapan sama peserta IELTS, yekaaaannn.

Anyway, aku bangga dengan pencapaian ini dan nggak pengen berhenti cukup di sini. I have to improve!

Learning From Failures

Tahun 2022 ini, kalo rasanay hidupku gitu-gitu aja, sebenernya di balik rutinitasku, aku tuh udah berusaha buat nyoba macem-macem hal. Aku pengen mengubah jalan hidupku sebelum turning 30. Ya nggak juga sih, pokoknya pengen punya perubahan aja. Soalnya di refleksi 2022-ku, aku nulis kalo bakalan ngusahain perubahan besar di tahun ini, WHICH I FAILED :)

I applied GKS in the beginning of the year that I’ve prepared from the end of 2021 and I didn’t pass the administrative stage. Banyak tuh, duit yang udah aku spent untuk itu. Waktu juga lumayan banyak. Dari situ, aku belajar banyak tentang persiapan administrasi yang nggak bisa ngasal dan belajar buat nggak kepedean. Selain GKS, juga apply POSCO Scholarship di pertengahan 2022 yang pengumumannya January 2023 besok. Di beasiswa yang ini, meskipun lebih simpel, tapi pake kudu nulis research plan segala, jadi aku harus mikir agak banyak, nih. At least, I tried. Kalopun nggak berhasil juga, aku kan udah tau apa aja yang harus disiapin dan diperbaiki buat apply lagi tahun 2023. Aku bakalan apply lagi, of course, selama IELTS-ku masih berlaku. Apalagi aku udah punya TOPIK I, kan lumayan buat nambahin lampiran, meskipun TOPIKI masih cukup receh. 

Selain beasiswa, aku juga nyobain buat apply kerjaan yang berkaitan sama luar neger gitu. Lumayan tuh bagian administrasinya banyak dokumen yang diperluin. Tapi ya as expected, I didn’t pass. Ini malah jadi jawaban Tuhan kalo aku tuh disuruh stay aja di kerjaanku sekarang, nggak usah neko-neko dulu/lagi. 

Unchanged Body





Mungkin tidak hanya aku dunia ini yang salah satu resolusi tiap tahunnya adalah diet. Tahun ini pun, I tried to exercise a lot. Tentunya sih gagal kalo dilihat dari segi konsistensi. Tapi kalo dilihat dari segi “at least I try” sebagaimana moto hidupku, aku meng-kategorikan-nya sebagai sebuah keberhasilan. Dari Januari sampe Oktober, aku masih olahraga, at least 2 kali sebulan. Kocak, ye? Tapi, ya itu pencapaianku. Bahkan di Januari, aku skip olahraga cuma 1 - 2 hari dalam sebulan. Nah, bulan November, aku berhasil menebus dosa kurang gerak-ku dengan jalan belasan sampe puluhan ribu langkah selama seminggu di Korea. Desember juga jumlah langkahku masih banyak, soalnya ada banyak jadwal kerjaan yang mengharuskan aku banyak jalan. 

Terus, aku juga bisa skip makan beberapa kali atau mengurangi porsi atau tertib makan dengan jendela makan 8 jam. Meskipun ya aku agak gila juga tahun ini karena aku makan mi instan buanyaaakk buangeeettt. I’m kinda addicted gitu lho rasanya. 

Amazingly, berat badanku stabil aja sampe hari ini. Seneng kalo inget aku udah berdosa makannya, tapi kesel juga kalo inget usahaku olahraga segitunya, eh berat badannya gini-gini aja. PADAHAL, kan sebenernya ya mungkin seimbang aja gitu. Aku olahraga atau gerak banyak, tapi makannya kalo dirata-rata yang banyak juga. Kecuali misal aku olahraga kenceng dan ngurangin makan, tapi berat badanku nggak berubah, nah itu baru aku boleh sebel 😂 Jadi ya aku bersyukur dengan kondisi ini. Di mana sampe saat ini, masih banyak baju yang cukup aku pake. Perut kecilan, tapi bagian lain yang membesar. Pokoknya beratnya ya segitu aja. 

Ya pengennya mah taun depan berkuraaanggg berat badannya. Setelah menjalani proses terkait berat badanku tahun ini, kayaknya udah paling bener aku banyakkin olahraga aja soalnya aku suka makan. Jadi, buat urusan makan ya bisa disesuaikan kalo emang pas lagi bener aja pikirannya. 

*

What I Expect In 2023?



Tadi aku barusan baca caption-nya Ayudia mamahnya Sekala: “mari kita sambut 2023 tanpa ekspektasi namun dengan semangat yang tanpa batas…” which I agree.

Aku bakalan tetep memperjuangkan apa yang masih bisa aku perjuangkan. Aku akan meningkatkan kemampuanku untuk menyadari keadaan dan kemampuan diriku biar nggak salah pilih keputusan—apapun itu. Aku masih akan punya keinginan untuk improving myself dalam hal kepinteran, be it language, soft skills, knowledge from books or tontonan. Aku juga masih pengen sering berkelana meskipun pengennya sih tahun 2023 tuh pemulihan ekonomi dulu :”)

Di 2023 yang tinggal 12 jam lagi by the time I almost finish this writing, aku pengen bisa semangat hampir tiap hari. Males atau discourage-nya jangan sering-sering, deh. Nggak papa deh, 2023 masih ke sana-sini rencana dan motivasinya kayak 2022, tapi berharap aku bisa bikin semuanya jadi lebih positif, biar nggak berat tahun depan!

YOK, SEMANGAAAATTTTT!


-el

Comments

Popular Posts