완전 실패! A Total Failure! #KoreanDream

I thought I have updated the result here, but... nope. SAAWWRRYYY!!! *to myself* Bahkan, terakhir kali aku update tuh udah Januari astagaaaaaaaa...

Yep, as you can read the title, I failed the scholarship for both tracks: Embassy and University. Actually the University track failure is embarrassing because it's totally caused by my stupidness :) 

It was such a nightmare that I missed the deadline WHILE I CHECKED THE WEBSITE EVERYDAY! I misunderstood the information. Oh, c'mon! I got 7.5 for IELTS but I couldn't understand it? Hahahaha sorry for the sudden show-off. Gak maksud. Anyway, beneran sih, I turned into a big dumb person once I read the email. Jadiiii, aku kan email staf yang bertanggungjawab buat GKS karena aku udah liat kalo universitas tujuanku tuh akhirnya buka pendaftaran buat Fall Semester setelah tiap hari aku refresh. Aku baca guideline-nya, tapi kok aku bingung soalnya agak beda sama guideline-nya GKS. Aku tanya, yang bener gimana. Eh ternyata aku dibilangin kalo "kayaknya kamu bingung deh sama durasi seleksi GKS yang sebenernya udah lewat beberapa hari lalu. Tapi kami udah buka pendaftaran yang reguler kalo kamu tertarik." BEBERAPA HARI LALU :) 

Di guideline-nya GKS tuh kan ditulis kalo submission deadlinenya "~15 April 2022". NAH, aku tuh salah mengartikan tanda "~" dan the whole sentence, which I understood was that the submission will start around 15 April 2022. 

Ketika itu, aku udah siap semua dokumen buat dikirim ke kampus langsung. Termasuk apostilled documents that I pay for 1.7million. Aku udah siap-siap buat spend a little more for the shipping fee. 

Udahlah, bener-bener ngerasa bodohnya gak ketulungan pas itu. Tapi karena pas terima email itu aku lagi kerja, langsung udah aja gitu rasa kecewanya. 

Setelah aku renungin dan rasain lagi, ternyata aku nggak segitu kecewanya. Cuma ya bodohnya kerasa banget puol. 

Buatku, sebenernya ini malah jadi jawaban buat doa-ku yang nggak aku doain secara formal. Aku berkali-kali mbatin, kalo emang taun ini belom, berarti yaudah emang aku masih harus bantu orang tua, masih harus nabung banyak, masih harus cari pengalaman. Which is all true. 

Pertama, aku belom bener-bener siap ninggalin orang tua sampe aku liat sendiri bahwa mereka economically stable karena aku pun kalo berangkat, udah nggak bakal bisa minta-minta kirim duit dengan alasan apapun. Aku beneran mau fully 100% with my effort, using scholarship and savings. I've been their burdens for years. 

Kedua, rencana nabungku buat di beberapa bulan pun udah gagal total. Aku masih aja boros. Masih beli ini-itu. Masih belom bisa nge-rem kepengenan. Masih banyak jajan. Jadi ya aku gak punya tabungan dan masih ada tanggungan pula. Padahal aku udah rencana pokoknya tanggungan tuh maksimal banget sampe bulan Juni aja dan itu nggak boleh ngelebihan nominal tertentu. But of course, I failed. 

Ketiga, pengalaman. It totally hit me actually ketika aku nulis personal statement. Keliatan banget kalo jurusan yang aku pengen tuh jauh dari kerjaanku sekarang. Cuma berdasarkan segelintir pengalaman dan kepengenan yang gede aja. Walopun udah keliatan kayak bagus dan meyakinkan gitu personal statement sama study plan-ku, tapi sebenernya pondasi-nya masih kurang kokoh. 

Anywaaayssss.... 

No worries. Aku bakalan tetep lanjut kerja, pasti. Aku rencana mau switch ke kerjaan yang tourism-based, mengingat endemi udah di depan mata, jadi this is the time. Then, I'll seriously trying hard to save up more dan beresin tanggungan sana-sini. Stop being so impulsive, please. 

The good thing is that my IELTS score will expire in 2024 and the apostilled documents do not expire. Ya setidaknya aku bisa nyoba beberapa kali lagi. Bahkan, nggak menutup kemungkinan kalo aku bakalan nyoba other countries. Kemaren sempet tertarik sama Australia soalnya ada kampus yang jurusan Tourism Management-nya tuh bagus. Yeah, we'll see. 

*pukpuk diri sendiri meskipun udah gapapa*


Oh iya, dengan ini, seri #KoreanDream yang udah berjalan lebih dari setahun ini, ditutup (dulu), ya :) Hopefully, I can be back in the near future!


Much loves,

el

Comments

Popular Posts